Bandung, 7 September 2012
Kepada,
Direktur Utama,
PT. Pos Indonesia, Bandung 40000
Perihal : antaran
(delivering)
Assalam mualaikum wr. wb.
Tulisan
ini mengenai antaran (delivering) dan adalah tulisan ketujuh dari sembilan
tulisan mengenai bisnis suratpos dan paketpos atau bisnis kurir ( 1.business-[network
(jaringan) 2.link (penghubung)-3.node (titik)]-4.collecting-5.processing-6.transporting-7.delivering-8.track
& trace-9.organization structure
).
Tulisan ini saya sampaikan untuk bersama sama kita menemu
kenali letak inefisiensi aktifitas antaran sebagai lanjutan dari 3
tulisan sebelumnya (88.backbone-89.memperbaharui niat dan meluruskan langkah- 90. efisiensi, cara
menemukannya) penjelasan mengenai bisnis dan sistem operasi secara
komprehensif dalam rangka menghasilkan dana untuk anggaran pendidikan,
kesehatan dan transportasi bagi karyawan, yang tidak cukup untuk dibiayai oleh
karyawan dari penghasilannya.
Antaran, apa itu?
Yang dimaksud dengan antaran disini adalah penyampaian
kirimanpos oleh petugas pos (pengantar) di kantorpos tujuan kepada sipenerima
(sialamat) di rumah atau dikantor sesuai alamat yang tercantum/tertulis pada
kirimanpos dengan mutu yang dijanjikan oleh PT Pos Indonesia.
Antaran, menggambarkan
apa?
Antaran
menggambarkan aktifitas sortir, antar dan purna jual (after sale services) yang dilakukan di bagian antaran saat ini.
Sortir adalah kegiatan memilah milah kirimanpos
berbasis per pengantar, per jalan antar dan per nomor rumah yang saat ini di
kerjakan di bagian antaran yang seharusnya dikerjakan dibagian pengolahan (prosessing)
Antar adalah kegiatan mengantar kirimanpos berbasis
peta jalan antar dan buku jalan antar
Purna jual adalah kegiatan mengentri hasil antaran
kirimanpos selesai antaran dilakukan oleh petugas pengantar
Antaran, cara
menyusunnya?
Untuk menyusun
bagian antaran yang cost effective dan cost
efficien maka diperlukan beberapa kebijakan sebagai berikut:
- Kebijakan bisnis
- Kebijakan 2P (produk dan place)
- Kebijakan operasi cq kebijakan sortir, cq kebijakan antaran, cq kebijakan purna jual
- Kebijakan SDM (pola pengadaan pegawai, pola penjadwalan)
- Kebijakan teknologi
- Kebijakan sarana (barang cetakan, barang pemakaian, barang inventaris)
Apa yang harus
dilakukan? (tingkat pusat, tingkat area dan tingkat
operasional)
Dengan uraian diatas maka masing masing fungsi sesuai
dengan wewenangnya menganalisis kebijakan diatas dengan variable waktu, kapasitas, volume dikaitkan
dengan biaya yang di keluarkan setiap hari (yang eksis sekarang)
dibandingkan dengan hpp yang ditetapkan, apakah sudah tepat, kurang tepat, atau
tidak tepat.
Jika hasilnya sudah tepat tidak perlu dilakukan
perubahan, kalau kurang tepat perlu di sempurnakan, kalau tidak tepat perlu
dihapuskan dan ditata ulang, kalau tidak ada perlu ditambahkan.
Dampak dari
analisis oleh fungsi akan ditemu kenali pengaturan antaran yang mana yang
menyebabkan inefisiensi, yang dari professional
judgement saya awal permasalah muncul dari 6 kebijakan yang tersebut diatas
yang menyebabkan inefisiensi plus/minus
yang merupakan bagian yang cukup signifikan dari inefisiensi 200 milyar /tahun
Rekomendasi
Perlu pembentukan tim untuk proyek mengaudit dan
menata ulang aktifitas dan struktur bagian antaran yang ada saat ini, jika
indikasi awal hasil analisis fungsi menunjukkan inefisiensi pada aktifitas dan
struktur bagian antaran yang kurang tepat, tidak tepat dan tidak ada, maka
tindakan perbaikan harus dilakukan sebagai bagian mengefisienkan proses operasi
(C-P-T-D-T&T).
Kondisi ke depan
Diharapkan hasil penataan ulang aktifitas dan bagian antaran
secara nasional kedepan oleh tim akan menghasilkan proses yang lebih cost effective dan cost efficien dan dokumentasi kebijakannya dan prosedurnya tersusun
dengan lengkap dalam sebuah buku aturan yang disebut buku peraturan dinas PT
Pos Indonesia.
Demikian saran dan masukan semoga bermanfaat. Wassalam.
Hormat kami
Fakhri Umar
Tembusan:
Anggota Direksi, PT. Pos
Indonesia, Bandung 40000
Ketua Umum SPPI, PT. Pos
Indonesia, Bandung 40000
Ketua Umum SPPIR, PT. Pos
Indonesia, Bandung 40000
Terima kasih, atas informasinya ^_^
BalasHapus