Bandung, 31 Mei 2010
Kepada,
Wakil Direktur Utama,
PT. Pos Indonesia Bandung 40000
Perihal : Rangkuman saran dan masukan
ke-1 sampai ke-24 selesai.
Assalammualaikum wr. wb,
Pertama-tama
saya ucapkan terima kasih atas perhatian bapak yang telah mau membaca rangkuman
saran dan masukan ke-25 ini sebagai akhir dari seluruh seri tulisan, masalah
dan tindak lanjut yang harus dilakukan apabila ingin menciptakan service
exellant dan operation exellant berbasis proses bisnis baik proses
inti maupun proses pendukung terpulang kepada Direksi memutuskannya semoga semua
tulisan ada manfaatnya. Amin.
Tulisan
ke-1 sampai ke-24 merupakan tulisan membangun kerangka berfikir (framework) dimana
diharapkan akan terbangun suatu persepsi yang sama agar memudahkan proses penataan
ulang seluruh aturan sistem perposan (bisnis, operasi, sdm, keuangan,
sarana, dan teknologi) yang tepat sesuai kebutuhan dan sederhana agar setiap
sdm yang ada mampu melaksanakan tugas pekerjaannya sesuai peran yang
ditetapkan.
Untuk
memperbaiki sistem saya termasuk penganut penyempurnaan sistem bukan bongkar
pasang sistem, artinya berdasar situasi dan kondisi yang ada aturan yang
relevan diteruskan, yang kurang relevan disempurnakan dan yang tidak relevan
dihapuskan.
Penataan
ulang seluruh aturan sistem perposan yang dimaksud adalah turunan dari strategi
yaitu dimulai meyusun kebijakan, dari kebijakan baru dapat disusun prosedur
(SOP) yang terdiri dari pedoman, prosedur dan instruksi kerja.
Selanjutnya
harus diurai lebih detail oleh tim ppo dibantu tim fungsi struktural yang ada
di kantor pusat yang harus mengutamakan kepentingan perusahaan, saling
bekerjasama dengan ppo sesuai perannya bukan ego sektoral yang diutamakan
seperti yang saya uraikan pada tulisan tulisan terdahulu. (tulisan ke-24).
Apabila penataan ulang seluruh aturan sistem perposan
selesai maka akan memudahkan proses berikut yaitu :
- Membangun dan menyempurnakan kebijakan bisnis berikut produknya yang dibutuhkan oleh pasar melalui jaringan yang tersebar dan promosi yang berkala untuk pelanggan retail dan pemasaran melalui personal selling oleh tim pemasaran untuk pelanggan korporat melalui kantorpos selektif. Secara khusus saya menguraikan bagaimana menangani pelanggan korporat dengan biaya rendah, kualitas prima dan laba optimal.
- Membangun dan menyempurnakan sistem menghitung harga pokok produksi dan tak kalah penting HPP yang sudah ditetapkan harus secara berkala dianalisis dengan data produksi agar tidak ada bisnis setelah dioperasikan mengalami kerugian.
- Membangun dan menyempurnakan sistem pendidikan dan pelatihan agar sdm yang ada dalam perusahaan mempunyai kemampuan dan kemauan bekerja dengan produktifitas tinggi dan menghasilkan kualitas yang di janjikan kepada pemakai jasa layanan yang prima.
- Membangun dan menyempurnakan kebijakan pelaporan baik secara umum untuk semua sistem maupun secara khusus yaitu data produksi dan mutu agar kedepan segala sesuatu keputusan yang diambil berbasis data dan laporan, khusus untuk operasi data/laporan produksi dan mutu saya uraikan secara khusus.
- Membangun dan menyempurnakan system supporting lainnya agar setiap hari kapasitas dan dukungan sarana yang diperlukan tidak lebih dan tidak kurang yang semuanya berbasis data dan laporan produksi.
- Dan lain lain lagi yang tak mungkin saya uraikan seluruhnya,-
Tulisan
terbanyak saya menyangkut masalah operasi karena spesialisasi saya adalah operation
exellant dan operation motivator yang saya bangun sendiri sejak tahun 1987
sampai sekarang setelah saya putuskan akan tetap bekerja di PT Pos Indonesia.
Dengan
berakhirnya seluruh seri tulisan bagaimana membangun kembali sistem perposan
yang exellant secara komprehensif melalui pola pikir (framework) bukan berarti
berakhirnya saran dan masukan dari saya tapi tulisan berikut sifatnya khusus
(special editorial) yang diawali dengan tulisan pertama “bisnis logistic, apakah PT Pos
Indonesia mempunyai kompetensi dan pengalaman mengelola bisnis ini”.
Demikian yang dapat saya sampaikan,
selamat bekerja, sukses selalu dan terima kasih. Waalaikumsalam wr. wb.,
Hormat
Saya,
Fakhri Umar
Tembusan :
Direktur Utama PT Pos Indonesia, Bandung 40000
Direktur Marketing and Bisnis Development, PT Pos Indonesia,
Bandung 40000
Direktur Mail and Operation, PT Pos Indonesia, Bandung 40000
Direktur SDM dan Umum, PT Pos Indonesia, Bandung 40000
Direktur Teknologi, PT Pos Indonesia, Bandung 40000
Sekretaris Perusahaan, PT Pos Indonesia, Bandung 40000
Ketua Tim Pembenahan Operasi, PT Pos Indonesia, Bandung
40000
Tidak ada komentar:
Posting Komentar