Bandung, 1 Maret 2010
Kepada,
Wakil Direktur Utama
PT. Pos Indonesia, Bandung 40000
Perihal :
Saran dan masukan proses bisnis (
organisasi dan sumber daya manusia )
Assalammualaikum wr. wb,
Pertama-tama
saya ucapkan terima kasih atas perhatian bapak yang telah mau membaca saran dan
masukan ke 16 ini yaitu organisasi dan sumberdaya manusia yang
merupakan titik focus direktorat sumberdaya
manusia dan umum yang merupakan salah satu supporting
unit yang mendukung kelancaran jalannya bisnis perusahaan mencapai strategi
perusahaan baik jangka pendek yaitu RKA tahunan maupun jangka panjang yaitu visi
dan misi perusahaan.
Masukan
ini coba menguraikan organisasi dan sumber daya manusia existing,
bukan untuk membahas struktur yang ada karena sudah ditetapkan walaupun
menurut saya belum berbasis proses bisnis yaitu “bisnis jasa memindahkan
sesuatu dari sipengirim kepada sipenerima ( sialamat)” yang
merupakan proses bisnis inti PT Pos Indonesia, akibatnya terjadi tumpang
tindih, tidak kejelasan, tidak lengkap,ada tugas dan fungsi yang hilang,
duplikasi dan sebagainya pada saat ini.
Uraian
kali ini lebih focus di kantorpos pada masalah job desk (bagian dari
proses bisnis) kelompok pelaksana maupun kelompok struktural yang perlu dilengkapi
lebih detail tugas pokok dan fungsinya (tupoksi) agar dalam menjalankan
pekerjaannya lebih efektif (berhasil guna) dan efisien (daya guna). Untuk
tingkat kantor wilayah dan kantor pusat akan saya uraikan tersendiri pada kesempatan
lain.
Uraian tugas (job desk) proses inti di
tingkat pelaksana
Untuk
kelompok pelaksana collecting uraian tugasnya adalah menerima kiriman dari sipengirim,
SOPnya adalah terima-proses-serah, terima-proses-serah masing masing di buat instruksi
kerjanya secara rinci dengan fungsi yang menonjol yaitu actuating dan controlling (waskat).
Untuk
kelompok pelaksana processing1 uraian tugasnya adalah menerima kiriman dari pelaksana
collecting, SOPnya adalah terima-buka-proses-tutup-serah,
terima-buka-proses-tutup-serah masing masing di buat instruksi kerjanya secara
rinci dengan fungsi yang menonjol yaitu actuating
dan controlling (waskat).
. Untuk
kelompok pelaksana processing2 uraian tugasnya adalah menerima kiriman dari pelaksana
processing1, SOPnya adalah terima-proses-serah,
terima-proses-serah masing masing di buat instruksi kerjanya secara rinci dengan
fungsi yang menonjol yaitu actuating
dan controlling (waskat).
Untuk kelompok pelaksana transporting
uraian tugasnya adalah menerima kiriman dari processing2,
SOPnya adalah terima-proses-serah, terima-proses-serah masing masing di buat instruksi
kerjanya secara rinci dengan fungsi yang menonjol yaitu actuating dan controlling (waskat).
Untuk kelompok pelaksana processing3
uraian tugasnya adalah menerima kiriman dari transporting,
SOPnya adalah terima-proses-serah, terima-proses-serah masing masing di buat instruksi
kerjanya secara rinci dengan fungsi yang menonjol yaitu actuating dan controlling (waskat).
Untuk
kelompok pelaksana processing4 uraian tugasnya adalah menerima kiriman dari processing3,
SOPnya adalah terima-buka-proses-tutup-serah, terima-buka-proses-tutup-serah masing
masing di buat instruksi kerjanya secara rinci dengan fungsi yang menonjol
yaitu actuating dan controlling (waskat).
Untuk kelompok pelaksana delivery
uraian tugasnya adalah menerima kiriman dari processing4,
SOPnya adalah terima-proses-antar-serah-entry, terima-proses-antar-serah-entry
masing masing di buat instruksi kerjanya secara rinci dengan
fungsi yang menonjol yaitu actuating dan
controlling (waskat).
Uraian tugas (job desk) proses
pendukung di tingkat pelaksana
Untuk
kelompok pelaksana pendukung baik sdm, sarana, teknologi dan keuangan uraian
tugasnya adalah menerima permintaan dari proses inti, SOPnya adalah terima-proses-serah,
terima-proses-serah masing masing di buat instruksi kerjanya secara rinci dengan
fungsi yang menonjol yaitu fungsi actuating
dan controlling (waskat).
Uraian
tugas (job desk) di tingkat struktural
Untuk
kelompok struktural (supervisior, deputy
dan kepala kantor) baik bisnis, operasi, sdm, sarana, teknologi dan keuangan
uraian tugasnya adalah evaluasi dan analisis data
untuk kapasitas dan kebutuhan pelaksanaan bisnis jasa memindahkan sesuatu dari
sipengirim ke sipenerima (sialamat), SOP nya adalah terima-proses-serah,
terima-proses-serah masing masing di buat instruksi kerjanya secara rinci
dengan fungsi yang menonjol yaitu fungsi organizing,
controlling (wasnal) dan decision making.
Langkah uraian diatas sebagai berikut:
- Supervisor mengkompilasi data untuk menghasilkan informasi kebutuhan sdm dan sarana.
- Hasil informasi kebutuhan sdm dan sarana oleh deputy dianalisis untuk usulan alternatif alternatif.
- Usulan alternatif alternatif diambil keputusan oleh kepala kantor.
- Keputusan kepala kantor oleh supervisor direncanakan rosteringnya dan diorganisir kebutuhan sdm dan sarana sesuai dengan kebutuhan sehingga kapasitas terpasang setiap jam/hari sama dengan kapasitas terpakai (efektif dan efisien).
- Deputy mengawasi pelaksanaan keputusan oleh para supervisior.
- Kepala kantor mengintegrasikan lintas fungsi agar tidak terjadi perlambatan schedule
- Melalui job desk (SOP dan instruksi kerja) seperti ini lah kapasitas tepat setiap jam/hari tidak berlebihan dan tidak kekurangan.
Akhirnya
saya sarankan agar peta aktifitas secara komprehensif harus dilakukan ulang dan
pengelompokan aktifitas secara berurut
yaitu katagori, group proses, proses dan aktifitas (dalam arti
sempit) yang dianjurkan oleh American Productivity and Quality Commission
(APQC) kayaknya perlu di ikuti agar struktur organisasi PT Pos Indonesia
lebih efektif dan efisien.
Untuk sumber daya manusia akan saya
uraikan pada saran dan masukan berikutnya yaitu masalah pelatihan dan pendidikan karena
erat kaitannya dengan peningkatan kemauan dan kemampuan
seseorang.
Demikian yang dapat saya sampaikan, selamat bekerja, sukses
selalu dan terima kasih.
Waalaikumsalam wr. wb.
Hormat
Saya,
Fakhri Umar
Tembusan :
Direktur Utama PT Pos Indonesia, Bandung 40000
Direktur Marketing and Bisnis Development, PT Pos Indonesia,
Bandung 40000
Direktur Mail and Operation, PT Pos Indonesia, Bandung 40000
Direktur SDM dan Umum, PT Pos Indonesia, Bandung 40000
Direktur Teknologi, PT Pos Indonesia, Bandung 40000
Ketua Tim Pembenahan Operasi, PT Pos Indonesia, Bandung
40000
Tidak ada komentar:
Posting Komentar