Bandung, 1 April 2012
Kepada,
Direktur Utama, PT. Pos Indonesia,
Bandung 40000
Perihal : Berbagi pengetahuan dan pengalaman XV
( program )
Assalam mualaikum wr. wb.
Untuk tulisan berikut
saya akan coba berbagi pengalaman dan pengamatan saya dengan Direksi mengenai tindak lanjut program
berkaitan dengan restrukturisasi PT Pos Indonesia dalam
rangka transformasi di lingkungan PT Pos Indonesia.
Dari informasi
yang saya dapat ada arahan kepada semua pejabat yang baru dilantik agar membuat
program kerja 100 hari ( 3 bulan ) dari Direksi sebagai salah satu perintah
tindak lanjut yang harus dikerjakan pejabat baru.
Karena ini
keputusan Direksi maka tentu masing masing Direktur telah memberikan arahan
kepada jajarannya apa maksud tujuan program kerja 100 hari ?, kenapa
harus direncanakan ?, dan bagaimana merencanakannya ?
Apa maksud
tujuannya, kenapa dan bagaimana dari Direksi, saya tidak tahu pasti tapi saya
coba berikan saran dan masukan sebagai berikut:
Apa maksud tujuan program ?
Program kerja yang saya sarankan maksud tujuannya menyukseskan
restrukrisasi dan menyukseskan target tahun 2012.
Programnya tidak banyak cukup 2 yaitu verifikasi struktur organisasi
dan tupoksi (KD 01 dan KD 17) dan rencana kerja anggaran tahun 2012 ( RKA 2012
).
Program kerja verifikasi struktur organisasi dan tupoksi (KD 01 dan
KD 17) di harapkan dalam 100 hari sudah selesai penyempurnaannya baik tingkat
pusat, tingkat area dan tingkat operasional/kantorpos.
Program kerja anggaran tahun 2012 yang sudah disetujui agar dapat
segera dimigrasikan sesuai struktur organisasi yang baru agar tidak terjadi
duplikasi program, rebutan program, program tidak bertuan, atau membikin
program yang baru yang lama ditinggalkan
Program ini pasti bisa dilakukan dengan asumsi pejabat yang dilantik
adalah pejabat yang tepat (the right man on the right place)
sehingga mereka menjadi part of the solution (kalau tepat,
50% masalah selesai, sisa masalah yang terjadi selama yang bersangkutan
menjabat dalam struktur tersebut dapat diselesaikan oleh yang bersangkutan).
Kalau tidak tepat (the wrong man on the wrong place)
akibatnya mereka menjadi part of the problem (kalau tidak
tepat 100% masalah tidak selesai dan masalah yang terjadi di struktur tersebut
menjadi beban Direksi selama yang bersangkutan menjabat).
Kenapa program ini
diperlukan ?
Program kerja verifikasi struktur organisasi dan tupoksi (KD 01 dan
KD 17) di perlukan agar pejabat yang baru bisa memahami tugas pokok dan
fungsinya melalui diskusi dengan tim restrukturisasi dengan materi proses
bisnis, KD 01 dan KD 17 agar antara penyusun organisasi dengan pejabat yang
baru faham betul tupoksinya berbasis proses bisnis sehingga pejabat baru dapat
membantu menyusun tupoksi area dan operasional/kantorpos
Program ini selain tersebut diatas juga untuk menata ulang dan
mensimplikasi aturan yang ada (kebijakan dan prosedur/KD-SE-IK) karena menurut
pengamatan saya aturan yang ada sekarang banyak yang duplikasi dan tumpang
tindih. Pola penataannya dengan pola
continius improvement yaitu: yang tepat di pertahankan, yang kurang
disempurnakan, yang tidak tepat dihapus dan yang tidak ada ditambahkan.
Program kerja anggaran tahun 2012 yang sudah disetujui agar dapat
tercapai dan dapat dipertanggung jawabkan oleh fungsi yang terkait .
Bagaimana caranya ?
Kedua program tersebut harus di susun dalam format perencanaan yang
ada ( tools ) dengan berprinsip
5W+1H dan disusun secara SMART agar dapat di evaluasi, diukur
keberhasilannya dan di berikan penghargaan atau hukuman
Penyusunan saat ini ?
Saat ini penyusunan kebijakan diserahkan kepada masing masing
pemangku jabatan menyusunnya berdasarkan kebutuhan dan keinginan masing masing,
padahal setiap restrukturisasi organisasi harus punya sasaran yang ingin
dicapai bersama sesuai proses bisnis (develop and set organizational goals )
Disini saya melihat ada gap komunikasi secara timbal balik (top down bottom up communication plan)
diantara pemangku jabatan dalam struktur organisasi yang baru dalam nenyusun
dan mengintegrasikan program 100 hari.
Demikian saran dan masukan yang dapat saya sampaikan semoga
bermanfaat. Apabila diperlukan saya akan membantu pihak CMO merumuskan
perencanaannya dan implementasinya agar design
organisasi yang sudah dibuat dapat terlaksana dengan mulus dan berhasil.
Wassalam mualaikum wr. wb.
Hormat kami
Fakhri Umar
Tembusan:
Wakil Direktur Utama, PT. Pos Indonesia, Bandung 40000
Direktur Pemasaran dan Pengembangan Bisnis, PT. Pos Indonesia,
Bandung 40000
Direktur Jasa Keuangan dan Teknologi, PT. Pos Indonesia, Bandung
40000
Direktur Operasi Suratpos dan logistik, PT. Pos Indonesia, Bandung
40000
Direktur SDM dan Sarana, PT. Pos Indonesia, Bandung 40000
Direktur Keuangan, PT. Pos Indonesia, Bandung 40000
Tidak ada komentar:
Posting Komentar