Bandung, 19 Juli 2011
Kepada,
Wakil Direktur Utama
PT. Pos Indonesia, Bandung 40000
Perihal : Frog leap/Quantum Leap
(
target )
Assalam mualaikum wr. wb,
Untuk
tulisan kali ini saya akan coba memberikan saran dan masukan bisnis kedepan
yang harus dipersiapkan dari sekarang jika direksi mempunyai rencana tahun 2013
terjadi lompatan pendapatan sesuai milestone
yang direncanakan ( frog leap/quantum
leap ).
Bisnis
yang mempunyai potensi pasar yang bisa menyelesaikan masalah pendapatan PT Pos
Indonesia adalah bisnis mail and parcel,
dan bisnis logistic kalau di
rencanakan dengan serius dan di laksanakan dengan konsisten dan kontinyu ( commitment bersama ). Sebagai gambaran
tahun 2011 potensi pasar mail and parcel
lebih kurang 11,4 triliun, dan bisnis logistic
tahun 2011 potensi pasarnya lebih kurang 160 triliun dan setiap tahun tumbuh
berdasarkan laporan akhir booze & co.
Khusus
dalam tulisan kali ini saya akan kupas peluang pasar mail and parcel yang dapat
diraih melalui institusi Admail. Potensi pasar Admail adalah 70% dari kiriman
korporat yang tahun 2011 sebesar 6,3 triliun dibelanjakan oleh perusahaan untuk
kiriman business to customer ( B to C ) berupa kiriman essential mail dan direct mail.
Untuk
tahun 2010 kita baru meraih pendapatan lebih kurang 250 milyar dari kiriman B to C sehingga peluang pasarnya sangat
besar dan terbuka.
Salah
satu strategi yang harus dilakukan kalau ingin menjadi pemimpin pasar mail and parcel tahun 2011 dengan
sasaran frog leap/quantum leap adalah
strategi increase volume yang
disarankan oleh booze & co dengan
membangun prasyaratan melalui rencana kerja dan anggaran tahunan yang SMART
oleh Admail.
Strategi
increase volume untuk korporat harus
di terjemahkan oleh kita adalah bagaimana caranya mengajak konsumen korporat
untuk memasarkan/mempromosikan jasa atau barang yang di hasilkan oleh korporat
melalui layanan direct mail yang di
Negara maju sudah berkembang demikian pesat. (merubah diri dari melayani
menjadi menciptakan kebutuhan dan keinginan pelanggan/korporat untuk
membantu meningkatkan penjualan jasa dan barang pelanggan/korporat)
Syarat
untuk itu yang harus di bangun oleh Admail adalah:
1. Membangun sales
force di Admail di tahun 2011, untuk berjualan layanan direct mail, dilanjutkan mengunjungi korporat yang di perkirakan
potensil memanfaatkan layanan direct mail
selama tahun 2012 dengan harapan tahun 2013 terjadi lonjakan kiriman direct mail.
2. Membangun database
alamat (addressing) untuk kebutuhan
masing masing pelanggan/korporat tahun 2011 sampai dengan tahun 2012 dengan
memanfaatkan informasi dan data spesifik dari
fungsi collecting/loket maupun
dari fungsi delivery/antaran
3. Membangun database
pelanggan/korporat yang menjadi target pasar direct mail
4. Membangun kemitraan/partnership dengan printing
house sebagai contigensy plan
seandainya kapasitas exsisting tidak
cukup pada saat saat tertentu
5. Commitment yang sungguh sungguh mendukung rencana kerja
anggaran RKA Admail tahun 2011, 2012, dan 2013 oleh semua fungsi.
Demikian yang dapat saya sampaikan, selamat bekerja, sukses selalu, semoga
tahun 2013 sasaran frog leap/quantum leap
tercapai. Terima kasih,
Waalaikum salam wr. wb.,
Hormat
Saya,
Fakhri Umar
Tembusan :
Direktur Utama PT Pos Indonesia, Bandung
Direktur Pemasaran dan Pengembangan Bisnis, PT Pos Indonesia, Bandung 40000
Direktur Operasi Suratpos dan Logistik, PT Pos Indonesia, Bandung 40000
Direktur SDM dan Sarana, PT
Pos Indonesia, Bandung 40000
Kepala Proyek Penyehatan Perusahaan, PT Pos Indonesia, Bandung 40000
Kepala Admail, PT
Pos Indonesia, Jakarta 10000
Tidak ada komentar:
Posting Komentar