Most Viewed

Rabu, 13 Juni 2012

Frog leap/Quantum Leap ( target )


Bandung, 19 Juli 2011
Kepada,
Wakil Direktur Utama
PT. Pos Indonesia, Bandung 40000
Perihal :  Frog leap/Quantum Leap ( target )
Assalam mualaikum wr. wb,
                Untuk tulisan kali ini saya akan coba memberikan saran dan masukan bisnis kedepan yang harus dipersiapkan dari sekarang jika direksi mempunyai rencana tahun 2013 terjadi lompatan pendapatan sesuai milestone yang direncanakan ( frog leap/quantum leap ).
                Bisnis yang mempunyai potensi pasar yang bisa menyelesaikan masalah pendapatan PT Pos Indonesia adalah bisnis mail and parcel, dan bisnis logistic kalau di rencanakan dengan serius dan di laksanakan dengan konsisten dan kontinyu ( commitment bersama ). Sebagai gambaran tahun 2011 potensi pasar mail and parcel lebih kurang 11,4 triliun, dan bisnis logistic tahun 2011 potensi pasarnya lebih kurang 160 triliun dan setiap tahun tumbuh berdasarkan laporan akhir  booze & co.
                Khusus dalam tulisan kali ini saya akan kupas peluang pasar mail and parcel yang dapat diraih melalui institusi Admail. Potensi pasar Admail adalah 70% dari kiriman korporat yang tahun 2011 sebesar 6,3 triliun dibelanjakan oleh perusahaan untuk kiriman business to customer  ( B to C ) berupa kiriman essential mail dan direct mail.
                Untuk tahun 2010 kita baru meraih pendapatan lebih kurang 250 milyar dari kiriman B to C sehingga peluang pasarnya sangat besar dan terbuka.
                Salah satu strategi yang harus dilakukan kalau ingin menjadi pemimpin pasar mail and parcel tahun 2011 dengan sasaran frog leap/quantum leap adalah strategi increase volume yang disarankan oleh booze & co dengan membangun prasyaratan melalui rencana kerja dan anggaran tahunan yang SMART oleh Admail.
                Strategi increase volume untuk korporat harus di terjemahkan oleh kita adalah bagaimana caranya mengajak konsumen korporat untuk memasarkan/mempromosikan jasa atau barang yang di hasilkan oleh korporat melalui layanan direct mail yang di Negara maju sudah berkembang demikian pesat. (merubah diri dari melayani menjadi menciptakan kebutuhan dan keinginan pelanggan/korporat untuk membantu meningkatkan penjualan jasa dan barang pelanggan/korporat)
                Syarat untuk itu yang harus di bangun oleh Admail adalah:
1.       Membangun sales force di Admail di tahun 2011, untuk berjualan layanan direct mail, dilanjutkan mengunjungi korporat yang di perkirakan potensil memanfaatkan layanan direct mail selama tahun 2012 dengan harapan tahun 2013 terjadi lonjakan kiriman direct mail.
2.       Membangun database alamat (addressing) untuk kebutuhan masing masing pelanggan/korporat tahun 2011 sampai dengan tahun 2012 dengan memanfaatkan informasi dan data spesifik dari  fungsi collecting/loket maupun dari fungsi delivery/antaran
3.       Membangun database pelanggan/korporat yang menjadi target pasar direct mail
4.       Membangun kemitraan/partnership dengan printing house sebagai contigensy plan seandainya kapasitas exsisting tidak cukup pada saat saat tertentu
5.       Commitment yang sungguh sungguh mendukung rencana kerja anggaran RKA Admail tahun 2011, 2012, dan 2013 oleh semua fungsi.
Demikian yang dapat saya sampaikan, selamat bekerja, sukses selalu, semoga tahun 2013 sasaran frog leap/quantum leap tercapai. Terima kasih, 
Waalaikum salam wr. wb.,
                                                                                                                                                Hormat Saya,

                                                                                                                                                 Fakhri Umar
Tembusan :
Direktur Utama PT Pos Indonesia, Bandung
Direktur Pemasaran dan Pengembangan Bisnis, PT Pos Indonesia, Bandung 40000
Direktur Operasi Suratpos dan Logistik, PT Pos Indonesia, Bandung 40000
Direktur SDM dan Sarana, PT Pos Indonesia, Bandung 40000
Kepala Proyek Penyehatan Perusahaan, PT Pos Indonesia, Bandung 40000
Kepala Admail, PT Pos Indonesia, Jakarta 10000

Tidak ada komentar:

Posting Komentar