Most Viewed

Rabu, 13 Juni 2012

Sumbangan sarana antaran dari UPU ( sarana )


Bandung, 21 Agustus 2011
Kepada,
Direktur Utama,
PT Pos Indonesia, Bandung 40000
Perihal :  Sumbangan sarana antaran dari UPU ( sarana )
Assalam mualaikum wr. wb,
                Pada pertengahan bulan September 2011, akan diterima hibah sarana antaran dari UPU melalui dana QSF yang diajukan lebih kurang 2,5 tahun yang lalu oleh tim QSF dari PT Pos Indonesia.
                Dengan datangnya sarana antaran ini, PT Pos Indonesia memasuki era modernisasi sarana di bagian delivery ( di luar negeri sarana ini sudah lama diterapkan ). Dampak dari diterapkan sarana modern ini adalah sebagai berikut:
1.       Pengantar harus dikelompokan dan bekerja secara Teamwork ( konsep 12 langkah )
2.       Stagnasi antaran tidak akan terjadi apabila pengantar tidak masuk/cuti/pensiun
3.       Produktivitas pengantar akan meningkat sampai dengan 100%/pengantar
4.       Utilisasi sarana akan meningkat sampai dengan 100%/sarana
5.       Kualitas meningkat, antaran sudah siap dilaksanakan mulai jam 06.00 pagi setiap hari
6.       Proses khusus di bagian antaran akan terpotong 2 tahap ( cutting process )
7.       Biaya akan turun profit akan naik ( competitive advantage )
                Dampak ini tidak akan terjadi apabila dukungan dari direksi terhadap tim ppo yang ditugasi mengimplimentasikan konsep sistem manajemen antaran terpadu berupa dukungan sumberdaya yang diperlukan. (dampak ikutan system pendukung lainnya yang harus disesuaikan)
                Yang lebih utama lagi adalah dukungan kepemimpinan direksi karena dengan sistem baru dan sarana baru ini akan ada kemungkinan resistensi dari kantor DC dari 5 MPC yang merupakan piloting proyeknya, kemungkinan resistensi dari kantor divre dan kemungkinan resistensi dari kantor pusat, karena ketidak pahaman saja.
                Kegagalan menerapkan system dan sarana ini akan membawa konsekuensi kepercayaan UPU terhadap PT Pos Indonesia dalam meningkatkan kualitas operasi melalui bantuan dana QSF akan terganggu, yang selama ini sudah 2 kali proposal yang diajukan sebelumnya selalu berhasil mendapatkan pujian dan award dari badan dunia tersebut. (dana yang diberikan untuk pembelian sarana ini lebih kurang 2,5 milyar)
                Saya yakin bahwa tim PPO yang ada saat ini dan di bantu oleh fungsi delivery terkait di kantor pusat dengan kemampuan yang ada dapat melaksanakan tugas dengan baik pada saat implimentasi proyek ini, asal didukung penuh oleh direksi.
                Bagi saya tidak ada kebanggaan yang paling indah disisa hari tua saya apabila melihat PT Pos Indonesia kedepan menjadi pemimpin perusahaan jasa kurir yang terkemuka di Indonesia yang dari dulu diimpikan.
Demikian yang dapat saya sampaikan, selamat bekerja, sukses selalu, Terima kasih,
Waalaikum salam wr. wb.
                                                                                                                                                Hormat Saya,

                                                                                                                                                 Fakhri Umar
Tembusan :
Wakil Direktur Utama PT Pos Indonesia, Bandung 40000
Direktur Pemasaran dan Pengembangan Bisnis, PT Pos Indonesia, Bandung 40000
Direktur Teknologi dan Jasa Keuangan, PT Pos Indonesia, Bandung 40000
Direktur Operasi Suratpos dan Logistik, PT Pos Indonesia, Bandung 40000
Direktur SDM dan Sarana, PT Pos Indonesia, Bandung 40000
Direktur Keuangan, PT Pos Indonesia, Bandung 40000
Kepala Proyek Pembenahan Operasi, PT Pos Indonesia, Bandung 40000

Tidak ada komentar:

Posting Komentar